Prediksi Calon Presiden RI Periode 2014

Kira-kira siapakah calon Presiden RI periode 2014-2019 mendatang?

Terlepas dari masih lamanya waktu Pemilu dan Pilpres 2014 mendatang, namun kali ini wbw mencoba memberikan gambaran tentang siapa saja yang kemungkinan akan maju sebagai kandidat Capres pada 2014 mendatang. Hal itu didukung oleh beberapa isu yang telah berkembang selama ini tentang tokoh2 tersebut, simak selengkapanya...

a. Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo bambang Yudhoyono masih mungkin untuk maju pada pilpres 2014, walaupun konstitusi telah membatasi masa jabatan presiden RI maksimal hanya 2 periode.


Seperti kita ketahui sekarang ini sedang beredar isu bahwa ada manuver-manuver politik dari orang-orang terdekat SBY untuk merubah konstitusi (terutama tentang masa jabatan presiden), agar SBY masih bisa maju lagi pada pilpres 2014. Contoh paling nyata adalah statemen dari Ruhut Sitompul, salah satu anggota Fraksi Partai Demokrat yang dikenal sangat mendukung SBY dan menginginkan agar SBY bisa maju lagi dalam Pilpres 2014 mendatang. (Ref: sriwijaya post).

b. Hatta Rajasa

Nama ini mulai ramai dibicarakan. Bahkan kabar terakhir Partai Demokrat mendukung usulan pencalonan diri Hatta Rajasa sebagai calon presiden 2014. Menteri Perekonomian itu dinilai layak menduduki kursi RI-1 menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono.


"Kemarin sudah di-endorse (disokong) sama Pak Presiden dan Amin Rais (Ketua MPP PAN) juga sudah mengatakan dan mengatakan dia (Hatta) ketua umum partai (PAN) dan tokoh nasional," kata Ketua Fraksi Demokrat Jafar Hafsah di Jakarta, Rabu (25/8/2010) malam. (Ref: okezone.com)

c. Aburizal bakrie

Jauh sebelum perhelatan Pilpres 2014, Partai Golkar sudah berani mewacanakan Aburizal Bakrie sebagai calon presiden.


Pengamat politik LIPI Siti Zuhro menilai, wacana yang diembuskan Ketua DPP Partai Golkar Priyo Budi Santoso itu, merupakan citra dorongan kuat bahwa Golkar ingin merebut kemenangan dari Demokrat.

"Golkar kan punya kepentingan untuk 2014, merasa sudah gilirannya. Siapapun bisa saja jadi capres. Aasal memenuhi syarat dan bisa menjawab tantangan yang lebih kompleks, dia akan dipilih," kata Siti Zuhro saat berbincang dengan okezone, Jumat (28/5/2010).

Namun, lanjut dia, partai politik harus bisa membaca bahwa pola Pemilu 2014 berbeda dengan 2004 dan 2009. Kecenderungannya, saat ini Indonesia sangat butuh pemimpin yang transformative, yang pro perubahan, dan bisa menjadi teladan.

"Bagaimana kita tidak berjalan di tempat. Reformasi birokrasi dan remunerasi saja tidak cukup," tegasnya.

Priyo, dalam sebuah diskusi, mengungkapkan bahwa besar peluang Golkar untuk mengusung ketua umumnya, Aburizal Bakrie (Ical) untuk maju sebagai capres. Namun semua keputusan bergantung pada hasil Pemilu Legislatif 2014. (Ref: okezone).

d. Puan Maharani

Bergelar sarjana psikologi lulusan Universitas Indonesia, nama Puan mulai diusung dan disebut-sebut bakal menggantikan posisi Megawati yang sudah mulai berumur.


Untuk sekarang Puan Maharani selain aktif di kepengurusan PDIP juga anggota terpilih untuk dapil Jateng th 2009. Jabatan di Partai adalah sebagai Ketua DPP Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga.

Kemarin-kemarin sempat ada pembahasan menarik sekitar Puan karena selentingan yang terdengar Puan adalah kandidat yang bakal diusung PDIP sebagai cawapres Prabowo Subianto di 2014. (Ref: moncongputih online).


e. Kandidat dari PKS

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Tifatul Sembiring mengatakan PKS akan mencalonkan salah satu kadernya sebagai calon presiden pada Pemilu 2014 mendatang.


"Tahun 2009 merupakan akhir dari beberapa politisi yang berusia lebih dari 60 tahun dan SBY juga sudah tidak bisa lagi menjadi presiden," katanya pada acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PKS dengan tema "Konsolidasi Nasional Untuk Kemenangan 2014" di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, Jumat.

Tifatul mengatakan tahun 2014 akan menjadi era bagi `new comers` atau politikus muda dan hal tersebut akan menjadi tantangan bagi PKS.

Berpartai, menurut dia, merupakan sebuah misi dan ibadah bagi kader PKS demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan sejahtera. (Ref: kompas).

f. 3 Tokoh dari kasus Bank Century

Terlepas dari berlanjut atau tidaknya sengketa kasus di Bank Century, saya kira ada hal kecil yang bisa kita petik, yaitu dalam bentuk pembelajaran politik sekaligus kesempatan bagi rakyat Indonesia untuk menilai siapakah tokoh yang paling menonjol yang dimunculkan. 

Tokoh yang karena usia dan kapablitasnya kelak dapat membawa Indonesia ini ke arah yan lebih baik. Menurut saya ada 3 tokoh muda yang paling menonjol selama kisah Hak Angket Century ini yaitu Maruarar Sirait, Bambang Soesatyo dan Sri Mulyani. 


Maruarar Sirait dan Bambang Soesatyo keduanya dari partai politik dan saat ini ada di DPR. Kemudian Sri Mulyani I, Mantan Menteri Keuangan, yang saat ini sedang bertugas di World Bank. Dulu SMI pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif IMF dan Mantan Ketua BAPENAS serta Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.(Ref: berbagai sumber).

Bagaimana menurut kamu ?